Ingin Mengetahui Ukuran Ban Mobil ?, Inilah Caranya

Hampir semua pemilik mobil mungkin sangat sadar apabila ban menjadi salah satu komponen penting untuk mobil. Sebagai pemilik mobil, Anda harus paham betul cara perawatannya agar usia pakai dapat bertahan lebih lama misalnya pada ban mobil Veloz. Selain itu untuk memaksimalkan perawatan mengetahui ukurannya juga jadi hal penting.

Inilah Cara untuk Membaca Ukuran Ban Mobil

Sama halnya dengan ban ban kendaraan lainnya, ukuran ban mobil juga bisa seseorang perhatikan di area depannya. Akan terlihat di sana tulisan angka serta huruf dari ukuran ban di setiap sizenya. Bagi orang awam tentu tidak terlalu mengerti mengenai tulisan tersebut, berikut cara membacanya.

  1. Penjelasan Angka Paling Depan di Ban

Informasi pertama yang muncul pada ban biasanya adalah angka di area paling depan. Ini merupakan sebuah informasi mengenai lebar telapak ban contohnya angka 215/55 R17. Tiga angka pertama adalah lebar telapak ban dengan ukuran lebar telapak ban 215 milimeter.

Lalu angka berikutnya adalah tinggi ban serta rasio ketebalannya. Setelah tiga angka awal terdapat simbol garis miring yaitu 55 R17. Maka ini cenderung mengarah ke rasio ketebalan yaitu 55 persen dari 215 milimeter. Selain mengecek harga Veloz, menelaah harga ban dan ukurannya juga penting.

  1. Huruf dan Diameter Roda

Informasi selanjutnya yang dapat Anda peroleh dari ukuran ban yang tertulis adalah diameter serta huruf ban. Huruf R misalnya pada tulisan R17 menandakan kode konstruksi dari radial. Makna lainnya lapisan ban tersebut melintas dengan cara radial.

Sementara diameter dari roda adalah penanda jenis konstruksi, apabila Anda perhatikan angka selanjutnya langsung menandakan diameter. Misalnya seperti R17 maka diameter dari ban adalah 17 inci.

  1. Informasi Kecepatan

Informasi selanjutnya yang dapat Anda peroleh dari tulisan di permukaan ban adalah maksimum kecepatannya. Kode terakhir menandakan atau menunjukan kepada pemilik ban mengenai maksimum kecepatannya.

Misalnya terdapat sebuah tulisan atau penjelasan mengenai 91V, maka kecepatan maksimal atau speed rating dari angka V tersebut adalah 240 km/jam. Informasi seperti ini menjadi penting terutama ketika Anda ingin mengecek harga ban dan juga harga kredit Veloz.

Demikian informasi mengenai cara untuk membaca ukuran ban mobil. Dengan memahami sistem penulisan di permukaan ban, maka Anda dapat memilih ukuran ban sesuai kebutuhan sehingga mobil terasa nyaman.