Wamendes Dorong Desa Kerja ‘Extraordinary’ agar Bangkit dari Pandemi Covid-19

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi mengatakan pentingnya peranan desa dalam pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid 19. Hal itu disampaikannya saat berbincang dengan warga Desa Sukasari, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Menurut Budi, Desa Sukasari adalah salah satu sentra penghasil beras di Jawa Barat.

"Desa sebagai penghasil pangan sangat penting perannya di tengah ancaman krisis pangan dunia akibat pandemi Covid 19," kata Budi Arie dalam keterangannya, Kamis (2/7/2020). Wamendes Budi Arie juga menyampaikan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa dalam masa krisis ini pemerintah dan masyarakat harus bekerja ekstra keras yang luar biasa alias extraordinary. Ia menjelaskan, akibat Covid 19 negara negara di dunia menahan produk pangannya agar tidak diekspor. Artinya Indonesia harus berdiri di atas kaki sendiri atau berdikari dalam ekonomi dan pangan.

Budi Arie menyatakan siap membantu Desa Sukasari agar warga produktif dan inovatif. "Jadi kalau biasa ngebut kerja dengan 80 km/jam sekarang menjadi 180 km/jam. Ini extraordinary seperti Presiden Jokowi," ujarnya. Kepala Desa Sukasari Dadan Haris menyatakan, siap memajukan desanya yang tergolong berkembang.

"Maka kami meminta Pak Wamendes hadir untuk menyemangati warga Desa Sukasari," kata Dadan yang baru tiga bulan menjadi Kepala Desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *