Survei Jetro: Perusahaan Jepang di Indonesia Minta Pemerintah Mengurangi Pajak Perusahaan

Hasil survei Jetro (organisasi perdagangan luar negeri Jepang) tanggal 18 Juni 2020 salah satunya keinginan terbesar perusahaan Jepang di Indonesia (20%) untuk meminta pengurangan pajak perusahaan di tengah pandemi Corona saat ini. Selain itu 20% pengusaha Jepang di Indonesia juga berharap adanya upaya menyatukan metode pengiriman serangkaian informasi pemerintah terkait dengan pembatasan pergerakan dan kondisi operasi baik melalui media, serta berbagai sumber lainnya. Sebanyak 17% menginginkan adanya kompensasi untuk karyawan dengan sistem subsidi upah dari pemerintah.

Langkah langkah ekonomi makro (15% responden) yang terkait dengan penurunan ekonomi, juga sangat diharapkan, seperti peningkatan pengeluaran pemerintah untuk menggerakkan kembali roda perekonomian. Sebanyak 12% responden berharap pemerintah Indonesia meningkatkan kompensasi untuk perusahaan. Selain itu diketahui dari survei tersebut, sebanyak 80% dari perusahaan Jepang di Indonesia mengurangi produksi dan operasi pada Mei karena pengurangan pesanan. Penjualan menurun drastis di sebagian besar perusahaan. Meskipun demikian, dalam situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, sebagian besar perusahaan Jepang telah berhasil mempertahankan pekerjaan mereka. Sekitar 80% perusahaan telah mempertahankan tingkat upah seperti sebelumnya. Untuk strategi investasi masa depan, 70% akan mempertahankan status quo. Mereka sangat mengharapkan potensi pertumbuhan Indonesia. Banyak perusahaan Jepang telah memanfaatkan insentif pajak dari pemerintah Indonesia. Tetapi insentif lebih lanjut dan lebih besar lagi serta penyediaan informasi yang koheren dari pemerintah Indonesia sangatlah diharapkan.

Diskusi mengenai Jepang dalam WAG Pecinta Jepang terbuka bagi siapa pun. Kirimkan email dengan nama jelas dan alamat serta nomor whatsapp ke: [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *