Rieke Diah Pitaloka Dicopot dari Pimpinan Baleg, Beginalah Gaya Rieke Selama Jadi Aggota DPR

Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memutuskan untuk mencopot jabatan Rieke Diah Pitaloka sebagai Wakil Badan Legislasi (Baleg) DPR RI. Namun, belum diketahui secara pasti mengenai alasan di balik pencopotan Rieke dari kursi pimpinan Baleg.

Rieke Diah Pitaloka memutuskan untuk fokus berkarier menjadi wakil rakyat sejak tahun 2009. Meski kini ia tidak lagi berkarier di dunia hiburan, namun tidak sedikit penggemar setianya tetap mendukung perempuan berusia 46 tahun ini.

Berikut potretnya saat menjadi wakil rakyat.

Dikenal Lewat Peran Oneng

Perempuan kelahiran Garut, Jawa Barat ini familiar di mata publik melalui perannya sebagai Oneng dalam sinetron komedi Bajaj Bajuri. Tokoh yang diperankannya pun sontak melejit dan menjadi ikonik pada saat itu.

16 Tahun Jadi Anggota DPR

Usai sukses melangkahkan kaki ke dunia politik pada tahun 2009, ia pun kembali menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019 sebagai wakil Dapil Jawa Barat VII. Kini, ia pun kembali menjabat sebagai anggota DPR periode 2020-2024.

Selalu Tampil Prima

Alumnus Universitas Indonesia ini kerap membagikan momen dirinya saat menyuarakan pendapatnya di Senayan. Ia pun selalu tampil cantik dan elegan. Karakter Oneng yang melekat padanya seolah berlawanan dengan penampilannya saat ini.

Terjun Langsung ke Lapangan

Rieke pun tidak segan untuk terjun langsung ke dalam isu yang tengah berkembang di masyarakat. Ia bahkan diketahui juga sempat berpartisipasi dalam aksi masa di beberapa wkatu yang lalu.

Kerap Menemui Masyarakat

Selain lantang menyuarakan pendapatnya di berbagai kesempatan, ia acap kali membagikan berbagai momen kebersamaannya dengan banyak warga yang ia temui.

Suarakan Isu Keadilan

Ia diketahui memang merupakan sosok wakil rakyat yang peduli terhadap isu keadilan. Bahkan, Rieke Diah Pitaloka juga ikut menyuarakan keadilan kasus Baiq Nuril beberapa waktu yang lalu.

Dicopot dari Pimpinan Badan Legislasi DPR

Anggota Baleg dari Fraksi PDIP Hendrawan Supratikno membenarkan pencopotan Rieke Diah Pitaloka dari jabatannya sebagai Wakil Ketua Baleg DPR.

“Benar,” ungkapnya saat dikonfirmasi pada Kamis (9/7).

Pengganti Kursi Wakil Baleg DPR RI

Selain itu, Hendrawan mengakui bahwa kini sudah ada calon pengganti posisi Rieke Diah Pitaloka sebagai pimpinan Baleg yakni Nurdin, seorang anggota Komisi III DPR RI.

Meski dicopot dari jabatannya sebagai pimpinan Baleg, namun Rieke Diah Pitaloka tetap duduk di kursi wakil rakyat pada Komisi VI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *