Menteri Pertanian Berikan 11 Truk Bantuan Korban Banjir Jakarta dan Tangsel

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, melakukan pelepasan bantuan kemanusiaan korban banjir Jakarta dan Tangerang Selatan. 11 truk berisi bantuan itu dilepas di Kantor Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (4/1/2020). Ia didampingi oleh Camat Cilincing, Muhammad Alwi; Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Utara, Desi Putra; Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Budhi Herdi Susianto, dan Anggota DPD RI, Fahira Idris.

Truk truk itu langsung diberangkatkan ke lima titik banjir di Jakarta dan Tangsel. Termasuk salah satunya di Cilincing. Seratusan warga korban banjir, telah tampak hadir di kantor kecamatan. Bantuan langsung diberikan kepada warga. Tampak truk truk itu berisi beras, mie instan, gula, biskuit, pampers, dan lainnya. Yasin menyebut bahwa yang dilakukan tersebut adalah bagian bagian dari keprihatinan nasional. Serta sekaligus untuk menindaklanjuti perintah Presiden, Joko Widodo.

"Pak Presiden perintahkan agar negara hadir di tengah tengah masyarakat dalam suasana suasana seperti ini. Oleh karena itu Mentan hari ini mengambil peranan kepada lima titik banjir yang ada. Baik di DKI maupun di Tangerang Selatan," kata Yasin dalam acara tersebut. Ia pun berharap, agar musibah banjir tersebut menjadi keprihatinan nasional. Serta agar semua elemen memberikan support positif. Serta dukungan moral kepada masyarakat yang terkena musibah banjir tersebut. "Musibah tidak ada yang dihindari, kalau memang harus menjadi bagian. Tapi jadikan ini sebagai sebuah kewaspadaan, sebagai sesuatu yang menguatkan kita semua," harapnya.

Sementara itu, Sekko Jakarta Utara, Desi Putra, di Jakarta Utara terdapat 17 kelurahan yang terdampak banjir. Namun hingga Sabtu (4/12/2020) pagi, tersisa tiga kelurahan yang tergenang banjir. "Dari tiga kelurahan itu, terdiri dari kelurahan Pejagalan, Kapuk Muara, dan Rorotan. Dengan total warga yang terdampak, 2.699 jiwa," jelasnya. Seperti diketahui, lebat pergantian tahun 2020. Selain hujan lebat, juga terdapat air hujan kiriman dari wilayah Bogor. Sehingga mengakibatkan di beberapa wilayah Jakarta terendam banjir. Termasuk di daerah Bekasi, Tangerang Selatan, hingga Lebak Banten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *