Maruarar Sirait: Duet Mega dan Hasto Bikin Sejarah PDIP Menang Dua Kali Berturut-turut

Ketua Umum DPP Taruna Merah Putih (TMP) Maruarar Sirait menilai, kepemimpinan Megawati Soekarnoputri yang merupakan anak biologis dan ideologis Bung Karno serta Sekjen Hasto Kristiyanto, PDI Perjuangan berhasil mencatatkan dan membuat sejarah pasca Reformasi. Maruarar Sirait menyatakan hal itu saat menjadi pembicara dalam acara Subang Bung Karno Fest 2020 yang dilaksanakan DPC PDI Perjuangan Subang, Minggu (21/6/2020) malam. Maruarar yang didapuk untuk bicara soal sejarah mengajak agartidak meninggalkan sejarah masa lalu dan bagaimana agar mampu membuat sejarah positif bagi bangsa dan negara. Dia mengakubersyukur dan bangga sebab PDI Perjuangan sudah mencatatkan sejarah baik pasca reformasi.

Di bawah kepemimpinan Megawati dan Hasto Kristiyanto, PDI Perjuangan mencatatkan sejarah kemenangan dua kali berturut turut baik dalam Pilpres maupun Pileg di tahun 2014 dan 2019. Maruarar meyakini PDI Perjuangan akan mencatat kembali sejarah kemenangan untuk ketiga kalinya di 2024. Lebih lebih PDI Perjuangan adalah partai yang berideologi Pancasila dengan sangat jelas, dipimpin ketua umum yang jelas dan juga para akar rumput yang setia.

"Kita tetap harus rendah hati, tak boleh sombong. Namun dengan bersama pasti kita bisa," ungkap Ara, demikian ia disapa. Dia juga mengaku bangga dengan kepemimpinan Megawati yang memiliki pemikiran dan juga pengalaman sehingga cepat tanggap dengan menyerukan kader kader PDI Perjuangan untuk bergotong royong dengan skala besar. Atas arahan Megawati itu, TMP melakukan gotong royong di 10 provinsi berupa penyemprotan diisfektan, pembagian sembako, masker serta APD.

"Memang belum banyak, tapi itu yang sudah kita lakukan," ungkap Ara, sambil mengatakan Indonesia akan menjadi bangsa besar bila bergotong royong serta mengukir prestasi tanpa membedakan suku, agama, ras dan etnis. Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono menyayakan, tatar Pasundan memiliki sejarah yang erat dengan Bung Karno. Dia mengatakan, Bung Karno kuliah di Bandung dan terus melakukan gerakan melawan penjajahan baik dengan tulisan maupun tindakan lainnya Dari Bandung pula, sambungnya, Bung Karno menggali sebuah doktrin saat bertemu dengan seorang petani miskin bernama Marhaen. Pertemuan ini menjadi pemikiran Bung Karno untuk melawan penindasan dan kolonialisme.

"Pemikiran Bung Karno yang tumbuh di Jawa Barat ini kemudian bersambung hingga pada 1 Juni 1945, Bung Karno berpidato mengemukan dasar negara Indonesia merdeka. Indonesia yang mandiri dan beragam, baik dari suku, agama maupun ras. Ini tak terlepas dari Jawa Barat," ungkap Ono. Ono menekankan, kemerdekaan itu merupakan jembatan emas menuju Indonesia yang berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi dan berkepribadian secara budaya. Jawa Barat, dengan penduduk yang mayoritas dan dengan masalah yang begitu komplek memiliki tantangan untuk mewujudkan cita cita kemerdekaan ini.

"Sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan saya mempunyai tanggungjawab besar bagaimana Pancasila ini dijalankan di Jawa Barat. Bagaimana ideologi ini menjadi membumi di tanah Jawa Barat," jelas Ono. Ketua DPC PDI Perjuangan Subang, Maman Yudia, mengatakan bahwa Subang Bung Karno Fest 2020 ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan bulan Juni sebagai Bulan Bung Karno. Dalam kegiatan ini digelar berbagai pagelaran budaya dan juga aksi aksi kreatif dari anak muda Subang.

Dalam kesempatan ini, Maman, yang berada di kantor DPC bersama Sekretaris Niko Rinaldi dan Ketua DPRD Narca Sukanda, juga mengucapkan terima kasih atas perhatian Maruarar yang juga mensupport kegiatan ini. Maruarar juga, sambungnya, membagikan 2.000 paket beras masing masing berisi 5 kg, untuk dibagikan di Subang dan juga Majalengka serta Sumedang. Sebelumnya Maruarar juga telah melalukan penyemprotan disinfektan, pembagian masker dan sembako. "Bang Ara, meskipun bukan aggota DPR lagi, tapi terus membantu Subang. Bang Ara juga mensupport kelompok kreatif untuk membuat video dalam rangka mempromosikan kuliner dan tempat wisata di Subang," demikian Maman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *