Kasus Penyalahgunaan Narkoba di Papua Menurun Ditengah Pandemi Virus Corona

Direktorat Reserse Narkoba Polda Papua mencatat ada penurunan kasus penyalahgunaan narkoba ditengah pandemic virus corona di Papua. Penanganan kasus dari Februari hingga akhir bulan Maret 2020 ini, Direktorat Reserse Narkoba Polda Papua dan jajaran telah menangani kasus sebanyak 51 kasus. "Dilihat dari angka tersebut di bulan Februari Direktorat Reserse Narkoba dan jajaran telah menangani kasus sebanyak 42 kasus dan pada bulan Maret menangani sebanyak 9 kasus sehingga terjadi penurunan 33 kasus atau turun 78,57 persen," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal, dalam keterangannya, Jumat (17/4/2020).

Kamal menjelaskan penurunan kasus penyalahgunaan narkoba di Papua tidak terlepas dari dukungan semua pihak dalam memutus mata rantai peredaran narkoba. "Dimana kita ketahui bahwa peredaran narkoba di Papua dilakukan baik melalui darat maupun di laut. Terlebih lagi kita berbatasan dengan negara tetangga RI PNG (Papua Nugini) peredaran narkoba jenis ganja mudah di dapatkan dan dari pengungkapan kasus para pelaku mendapatkan barang haram tersebut dari PNG," tuturnya. Selain itu, penurunan kasus ini terjadi karena mewabahnya virus corona di Papua sejalan dengan kebijakan dan anjuran pemerintah baik tingkat Provinsi maupun Kabuaten/Kota dalam menerapkan Social dan Physical Distancing.

"Mari kita bersama sama perangi Covid 19 dengan menerapkan polda hidup sehat, batasi aktifitas di luar rumah dan jika dalam keadaan mendesak agar mengunakan alat kesehatan seperti masker dan sarung tangan. Sayangi diri sendiri, keluarga dan orang yang berada di sekitar kita," tambah mantan Wakapolres Depok ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *