Hasil Piala Dunia Antarklub: Liverpool vs Flamengo, Firmino Bawa The Reds Rengkuh Trofi Perdana

Liverpool berhasil merengkuh trofi perdananya musim ini dengan mengalahkan Fleamengo 1 0 di ajang Piala Dunia Antarklub. Gol kemenangan The Reds dicetak oleh Roberto Firmino di waktu tambahan (98). Pertandingan final Piala Dunia Antarklub antara Liverpool vs Flamengo berlangsung di Stadion Khalifa International Stadium, Qatar, Minggu (22/12/2019).

Dalam 2×45 menit pertandingan, kedua tim gagal menciptakan gol. Bak Liverpool dan Flamengo nampak kesulitan menciptakan peluang matang sepanjang permainan waktu normal. Kendala cukup jelas dimiliki Liverpool dengan tumpulnya Salah dan Mane dil ini serang.

Liverpool selama ini terkenal dengan tim yang memiliki finishing touch yang mengagumkan di lini serang. Namun dalam laga final Piala Dunia Antarklub kali ini, pergerakan Firmino, Salah, hingga Mane jarang sekali mampu membahayakan gawang Flamengo. Pertandingan memasuki waktu tambahan waktu 2×15 menit.

Hasilnya pada menit ke 98 di perpajangan waktu, Roberto Firmino berhasil mencetak gol melalui assist dariSadio Mane. Hingga pertandingan usai, tidak ada gol kembali yang tercipta. Kemenangan ini sekaligus membuat Jurgen Klopp dan Liverpool berhasil merengkuh trofi perdananya musim ini.

Sejak menit awal pertandingan, Liverpool langsung menaikkan intensitas serangan. Peluang emas dimiliki oleh Firmino di awal babak pertama. Namun sontekan mantan pemain Hofenheim tersebut masih melambung di atas mistar Alves.

Flamengo sejauh tiga menit awal pertandingan bermain apik. Pressing tinggi dilakukan wakil tim dari Brasil tersebut. Gabriel Barbosa dkk mencoba mealukan shock terapi pada Alison dengan melakukan tendangan dari luar kotak pinalti.

Peluang kembali dmiliki Liverpool pada menit keempat. Ialah Keita yang menerima umpan dari Mohamed Salah. Namun tendangannya masih melambung di atas mistar gawang Flamengo.

Jual beli serangan dipertontonkan Flamengo dan Liverpool di sepanjang 10 menit pertandingan babak pertama. Memasuki menit ke 14, tempo pertandingan mulai menurun. Kedua tim mulai banyak menguasai bola selam mungkin.

Kedua tim melakukan ball possesion untuk mencari celah di lini belakang masing masing tim. Memasuki menit ke 17, Flamengo mencoba mengurung pemain Liverpool di area pertahanannya sendiri. Kecepatan Gabriel Barbosa sebagai penyerang membuat Van Dijk di lini pertahanan sedikit kerepotan dalam mengantisipasinya.

Umpan satu dua yang diperagakanoleh pemain Flamengo kerap kali mampu membongkar rapatnya lini pertahanan The Reds. Van Dijk kerap kali harus melapis ke sebelah kiri posisi full bek yang ditempati oleh Alexander Arnold. Alexander Arnold kerap kali telat dalam membantu lini pertahanan ketika ia selesai membantu serangan.

Memasuki menit ke 24, Flamengo mencoba mendikte jalannya pertandingan. Gabriel Barbosa mencoba membuka rapatnya lini pertahanan dengan build up serangan dari lini belakang. Selain Gabigol, Henrique kerap kali juga merepotkan Robertson melalui kecepatan yang ia miliki.

Rapatnya lini pertahanan liverpool membuat pemain Flaemngo kerap kali memilih opsi untuk melakyukan tendangan dari luar kotak pinalti. Tekanan demi tekanan terus dilancarkan wakil tim dari Brasil tersebut. Sejauh ini, pergerakan Mohamed Salah nampak belum maksimal.

Pasalnya, pemain asal Mesir tersebut setiap menguasi bola dengan cepat dipress oleh dua hingga tiga pemain. Memasuki menit ke38, aliran permainan hanya berkutat dilapangan tengah. Pressing ketat yang diperagakan kedua tim membuatnya kesulitan menguasai bola terlalu lama.

Hingga babak pertama usai, skor 0 0 untuk kedua tim. Babak kedua dimulai dengan intensitas serangan yang mulai naik. Kecepatan Mohamed Salah dan Sadio mane mampu merepotkan lini pertahanan Flamengo.

Umpan umpan direct banyak dilakukan oleh Liverpool untuk mengantipasi pressing ketat dilapanganh tengah. Peluang dmiliki The Reds di menit ke 50 melalui Mohamed Salah. Namun tendangan mantan pemain AS Roma tersebut belum on target.

Liverpool nampak tertekan di awal babak kedua. Beberapa kali para pemain The Reds sering salah dalam melakukan umpan yang mengakibatkan mudahnya serangan Liverpool diantisipasi. Memasuki menit ke 57, Liverpol mencoba membalikkan situasi dengan menguasai ball possesion.

Hasilnya menit 60, Mohamed Salah mendapatkan peluang matang didalam kotak pinalti. Namun sepakan eks pemain Chelsea tersebut masih meninggi diatas mistar gawang Flamengo. Rapatnya lini pertahanan Liverpool membuat Flamengo sering kali melakukan opsi tendangan dari luar kotak pinalti.

Memasuki menit ke 80, Liverpool nampak semakin kesulitan untuk membongkar rapatnya lini pertahanan Flamengo. Hingga babak kedua usai skor masih 0 0 untuk kedua tim. Pertandingan harus memasuki masa tambahan waktu. Dalam tambahan waktu, Firmino berhasil menciptakan gol (98) memnfaatkan assist yang diberikan oleh Sadio Mane.

Hingga laga usai, skor 1 0 untuk keunggulan Liverpool. Alisson (GK0: Alexander Arnold, Gomez, van Dijk, Robertson; Keita, Henderson, Oxlade Chamberlain; Salah, Firmino, Mane Alves (GK); Rafinha, Caio, Mari, Filipe Luis; Arao, Gerson; Ribeiro, De Arrascaeta, Henrique; Gabriel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *