Berikut Ini Surat Cinta Betrand Peto untuk Keluarga Ruben Onsu, ‘I Love You The Onsu Family’

Lewat sebuah surat, penyanyi cilikBetrand Petomengungkap rasa cintanya kepada keluarga. Surat cinta tersebut Betrand buat dalam bentuk gambar di sela sela waktu mengerjakan tugas sekolah. Adalima sosok anggota keluarga yang ia gambar di surat tersebut.

Kelima figur tersebut ia beri nama masing masing,mulai dari dirinya,Ruben Onsu,Sarwendah, Thalia Putri Onsu, dan Thalia Putri Onsu. Dalam gambar tersebut Betrand menyematkan tulisan " I Love You The Onsu Family ". Setelah menggambar surat cinta sederhana itu, Betrand melanjutkan mengerjakan tugas sekolah.

Tak berselang lama, ia malah tertidur pulas di meja belajar. Ayah Betrand, Ruben Onsu pun melihat anaknya tengah tertidur pulas. Rubenjuga melihat surat cinta Betrand Peto di atas meja belajarnya.

"Ayah, Onyo, Thalia, Thania, Bunda. Ayah sama Bundanya di sini, jadi ngelindungi anak anak." "I love you Onsu Family. Sweet banget," ucap Ruben yang membaca surat cinta Betrand, dikutip Kompas.com, Sabtu (20/6/2020). Kemudian, Ruben mencium kening Betrand yang sedang tertidur pulas dengan kepala bertumpu di meja belajar.

Ruben mencoba mengangkat Betrand ke tempat tidurnya. Ternyata Betrand yang sudah berusia 15 tahun sudah terlalu berat bagi Ruben. Karena itu dia langsung membangunkan Betrand.

"Nyo bangun Nyo, niat Ayah angkat, tapi Onyo berat. Bobo di atas gih," kata Ruben. Sebelumnya, sebuah pesan haru pernah disampaikan oleh Ruben Onsu untuk sang putra, Betrand Peto. Betrand Peto yang kini menjadi anak pertama di keluarga Ruben Onsu pun mengemban tugas sebagai penerus keluarga nantinya.

Suami Sarwendah ini bahkan juga telah mempersiapkan Betrand Peto untuk menjadi penerusnya. Oleh karena itu, banyak pelajaran berharga yang Ruben Onsu berikan pada putranya ini. Bahkan baru baru ini, Ruben Onsu memberikan sebuah pesan haru untuk Betrand Peto.

Ruben Onsu juga menitipkan beberapa hal penting kepada bocah asal NTT tersebut. Pesan menyentuh Ruben Onsu pada Betrand Peto ini membuat sang putra bersedih. Betrand Peto pun mengurai janji janjinya pada sang ayah jika sudah besar nanti.

Suasana haru menyelimuti kebersamaan Ruben Onsu dan putra pertamanya ini. Pesan tersebut dilayangkanRubenOnsukala sedang menginap di kamarBetrandPeto. Momen tersebut terekam dalam vlog The Onsu Family pada Jumat (29/5/2020).

Sambil berbincang,RubenOnsumemaparkan soal usiaBetrandPetoyang sudah beranjak remaja. Kini berusia 15 tahun, Betrand Peto pun diharapkan Ruben Onsu bisa menjadi anak yang baik. KepadaBetrandPeto,RubenOnsuberpesan agar putranya bisa mengingat semua pesan baik yang telah ia jabarkan.

"Sekarang kan Onyo usianya sudah besar, sudah 15 tahun. Onyo harus pintar inget kalimat Ayah mana yang baik mana yang enggak," ungkapRubenOnsu. "He eh," imbuhBetrandPeto. Sambil memeluk putranya,RubenOnsulantas menitipkanpesanmenyentuhuntukBetrandPeto.

Sebagai kakak,BetrandPetodimintaRubenOnsuagar menjadi pemimpin yang bertanggung jawab. Ruben Onsu pun menitipkanThaliadanThaniakeBetrandPeto. "Makanya Ayah ingetin Onyo. Karena Onyo kananaklaki lakipertama. Jadi Onyo punya tangung jawab buatThalia,Thania," ucapRubenOnsu.

Lebih lanjut,RubenOnsumengurai pesan mendalam untukBetrandPeto. Pesan itu terkait dengan bagaimana sikapBetrandPetokepada kedua adik perempuannya. KepadaBetrandPeto,RubenOnsuberpesan agar putranya itu tidak bersikap keras kepadaThaliadanThania.

"Kalau ada apa apa adeknya dikasih tahu. Cara dikasih tahunya bukan dimarahin. Tapi dikasih tahu. Kayak Ayah kasih tahu Onyo. Dikasih alasannya," ungkapRubenOnsu. "Iya," jawabBetrandPeto. "Masa jadi artis tetot," kataRubenOnsu.

"Iya kalau jadi artis enggak boleh tetot," imbuh Betrand Peto. Mengingat peranRubenOnsudanSarwendah,BetrandPetopun mengurai perasaannya. Namun usai mengurai perasaan,BetrandPetotampak sedih.

Sebab,RubenOnsutiba tiba membuat perandaian seandainya ia telah tiada. Ya, kepadaBetrandPeto,RubenOnsumengurai opsi soal rencana Tuhan yang tak diketahui oleh hambanya. "Pokoknya kala Onyo sukses, udah jadi orang besar, Ayah masih ada, Bunda masih ada gitu. Jagain Onyo terus. Ngasih tahu Onyo terus. Nanti kalau Onyo udah gede, Onyo tanya Ayah dulu, kerjaan ini boleh diambil enggak ?" kataBetrandPeto.

"Onyo, semua manusia boleh berencana, tapi kan Tuhan berkata lain. Onyo harus belajar itu. Kalau Ayah enggak ada, atau bunda engak ada, enggak boleh sedih. Tapi kalau harus punya siap siap, amalnya sudah disiapin atau belum," ungkapRubenOnsu. Langsung mengurai pesan mendalam, Ruben Onsu ingin agar Betrand Peto menjadi pribadi yang baik. Ruben Onsu meminta agarBetrandPetosering berbuat baik kepada orang lain.

"Harus berbuat baik setiap saat. Kalau setiap hari, cuma satu hari 24 jam. Berbuat baik setiap waktu. Belajar jadi orang ikhlas terus rajin berdoa. Iya ?" tanyaRubenOnsu. "Iya," imbuhBetrandPeto. "Onyo harus tahu bagaimana jadi laki laki yang bertanggung jawab. Menjadi artis yang disiplin. Ayah mengawali karir dari 97 sampai sekarang Ayah masih ada. Jadi enggak usah buru buru," pungkasRubenOnsu.

Soal karir,RubenOnsujuga menitipkan pesan penting. BahwaBetrandPetotidak boleh jadi artis yang ambisius. "Enggak usah buru buru. Jangan ambisius. Kita berusaha saja, Tuhan yang tentukan," ungkapRubenOnsu.

"Kenapa kayak gitu ?" tanyaBetrandPeto. "Karena kalau nanti tidak sesuai dengan apa yang diinginkan, Onyo akan stres. Onyo akan menyalahkan diri sendiri," imbuh Ruben Onsu. Melanjutkan nasihatnya,RubenOnsumeminta agarBetrandPetobisa terus berbuat baik kepada orang lain.

"Karena apa yang kita tanam, itu yang akan kita tuai. Jadi Onyo harus tahu itu. Ayah bukan orang baik tapi Ayah bisa mengarahkan Onyo menjadi anak yang baik," pesanRubenOnsu. Tak cuma itu,RubenOnsujuga meminta agarBetrandPetonantinya bisa membuat bangga orang NTT. "Senangkan mereka. Bahagiakan mereka semua, Papa, Mama, Opa, Oma. Oke ?" pintaRubenOnsu.

"Oke," imbuhBetrandPetomantap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *