Apakah Ada Doa Khusus saat Khatam Al Quran di Bulan Ramadhan? Berikut Penjelasannya

Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, seluruh umat muslim berlomba lomba untuk mencari banyak kebaikan. Satu di antaranya yakni dengan menghatamkan Al Quran. Lantas, apakah ada doa khusus saat Khatam Alquran di Bulan Puasa Ramadhan?

Menanggapi hal ini, Ketua Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Jawa Tengah, Wahid Ahmadi mengatakan tidak ada doa khusus. "Tidak ada, engga ada, tapi kalau baca doa ya silahkan saja baca doa yang sesuai dengan tujuan yang kita inginkan," jelasnya. Menurutnya, seseorang boleh membaca doa seperti yang diinginkan, misalnya meminta agar istiqomah dan bisa menghatamkan Al Qur'an lagi di luar bulan Ramadhan.

Wahid Ahmadi mencontohkan doa yang dimaksud: 'Ya Allah, berilah keberkahan hidup dengan Alquran ini, berilah kami petunjuk jalan sesuai dengan Alquran ini' 'Berilah kami keistikamahan untuk bisa mengkhatamkan lagi di luar Ramadhan'.

"Doa seperti itu saja biasa," jelasnya. Wahid Ahmadi juga mengatakan bisa membaca doa yang ada di akhir Kitab Al Quran. "atau kalau mau baca doa itu di akhir Al Quran biasanya ada doa, itu baca aja doa itu bagus isinya," sambungnya.

Kendati demikian, doa tersebut bukanlah sesuatu yang bersifat syariat. "Misalnya harus dibaca atau sunah membaca itu, tidak ada," jelasnya. Itu seperti doa biasa saja yang mengungkapkan bahwa kita senang dengan bisa menghatamkan Alquran.

"Kita berdoa kepada Allah agar bisa istikamah," jelasnya. Dikutip dari Buku Tuntunan Ibadah Pada Bulan Ramadan yang dikeluarkan Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah, terdapat beberapa amalan amalan di Bulan Ramadan. Berikut amalan sunnah di bulan Ramadan:

Mengerjakan qiyamul lail di malam hari saat bulan ramadan sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. "Barangsiapa mengerjakan qiyam (salat) Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu" [HR. al Bukhari dan Muslim]. Rasulullah menganjurkan untuk makan sahur, bahkan mengakhirkannya.

Terdapat barokah di dalam sahur, dengan sahur umat Muslim akan semakin mendapatkan keberkahan puasa di bulan Ramadan. "Sahur adalah makanan yang penuh berkah. Oleh karena itu, janganlah kalian meninggalkannya sekalipun hanya dengan minum seteguk air." "Karena sesungguhnya Allah dan para malaikat bershalawat kepada orang orang yang makan sahur." (HR. Ahmad).

Sunnah dari makan sahur adalah mengakhirkan sahur. Saat berbuka puasa adalah salah satu waktu terkabulnya do’a. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

"Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terzalimi." Ketika berbuka adalah waktu terkabulnya do’a karena saat itu orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri. Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, "Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam lebih banyak lagi melakukan kebaikan di bulan Ramadhan. Beliau memperbanyak sedekah, berbuat baik, membaca Al Qur’an, shalat, dzikir dan i’tikaf."

"Dari Ibnu Abbas r.a. (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Rasulullah saw adalah orang yang paling dermawan, apalagi pada bulan Ramadhan, ketika ditemui oleh Malaikat Jibril pada setiap malam pada bulan Ramadhan, dan mengajaknya membaca dan mempelajari al Qur’an. Ketika ditemui Jibril, Rasulullah adalah lebih dermawan daripada angin yang ditiupkan." [Muttafaq ‘Alaih]. "Dari Ibnu Umar r.a. (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Rasulullah saw selalu beriktikaf pada sepuluh hari yang penghabisan di bulan Ramadhan." [Muttafaq ‘Alaih].

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *