Anggaran Persiapan Piala Dunia U-20 Bakal Dibahas Empat Pihak, BPKP Salah Satunya

Federasi sepakbola Indonesia (PSSI) telah mengajukan permintaan anggaran kepada pemerintah melalui Kemenpora guna persiapan Piala Dunia U 20. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan sempat mengatakan anggaran yang dibutuhkan khusus untuk persiapan Timnas Indonesia U 20 saja berkisar Rp 103 170 Miliar. Akan tetapi, Sesmenpora Gatot Dewa Broto menyebut bahwa PSSI hingga kini belum memberikan proposal pengajuan dana tersebut.

Ia pun meminta kepada PSSI untuk segera melengkapi dan memberikan kepada Kemenpora. Bahkan, Kemenpora sendiri sudah mengirimkan surat imbauan kepada PSSI sejak 24 Februari lalu agar PSSI dan kepanitiannya segera melengkapi administrasi anggaran yang dibutuhkan. “Jadi saya minta RAB untuk tahun ini dan 2021 agar segera dikirim pekan ini, baik untuk organizing dan Timnas,” kata Sesemnpora di Kantor Kemenpora, Jumat (28/2/2020).

“Kami paham PSSI sangat sibuk sekali, tapi kami akan tetap memperingatkan terus, karena ini urusannya bukan dengan kami saja. Tetapi ada Direktorat Jenderal anggaran juga,” dia menjelaskan. Lebih lanjut, soal permintaan anggaran PSSI yang nilainya terbilang fantastis nantinya akan melewati tahap verifikasi dari empat pihak Terlebih anggaran yang diminta hanya untuk persiapan Timnas U 20 saja, tidak mencakup biaya penyelenggaraan.

Sedangkan biaya renovasi stadion ditanggung oleh Kementerian PUPR. “Tentu nanti akan kami bahas bersama empat pihak yaitu Kemenpora, Ditjen Anggaran, PSSI, dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Jadi ibaratnya, ini ada dokumen benar atau tidak digunakannya. Jadi diverifikasi dulu benar atau tidaknya,” dia menjelaskan. “Jika ditanya masuk akal atau tidak saya belum bisa berandai andai. Tetapi saran kami jumlah itu harusnya dengan penyelenggaraan. Itu kan bisa untuk promosi, keamanan, media center, gaji atau honor, akomodasi dan sebagainya,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *