Alasan Sir Alex Ferguson Gagal Rekrut Gareth Bale Terbongkar

Sir Alex Ferguson ketika masih menangani Manchester United telah berhasil merekrut banyak pemain muda berbakat. Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney menjadi dua pemain muda berbakat yang berhasil ditemukan oleh Ferguson. Hanya saja, mantan pelatih asal Skotlandia tersebut juga tak sedikit dibuat menyesal dengan kegagalan merekrutan pemain muda berbakat lainnya.

Salah satu nama pemain muda berbakat yang pernah gagal direkrut adalah Gareth Bale. Jauh sebelum nama Bale bersinar bersama Tottenham Hotspur. Usut demi usut ternyata Manchester United telah menaruh minat untuk memboyong Bale ketika ia masih berseragam Southampton.

Hal itu diungkapkan oleh mantan pelatih Southampton, George Burley. Alasan utama kegagalan Manchester United memboyong Bale kala itu disebabkan karena tim Setan Merah memberikan penawaran terlalu rendah dan harga murah. Saat itu, Bale yang masih berusia 16 tahun tetapi sudah melakukan debut bersama Southampton.

"Saat itu, Bale bermain sebagai pemain sayap di posisi bek, Manchester United sangat tertarik kepadanya," ungkap George Burley, dilansir The Athletic. "Saya ingat pergi ke hotel dan berbicara dengan Sir Alex dan CEO mereka," kenangnya. "Saat itu tim kami menjual Theo Walcott seharga 12 juta pound ke Arsenal dan Manchester United menawarkan 3 4 juta untuk Bale, jadi kami berkata tidak mungkin seperti itu," tambah mantan pelatih Southampton tersebut.

Lebih lanjut, George Burley menilai saat itu Manchester United sebenarnya juga merasa khawatir dengan kualitas pertahanan Bale. Mengingat sebelum bertransformasi menjadi winger, Bale sejatinya merupakan pemain yang berposisi sebagai bek kiri. "Saya pikir Manchester United khawatir tentang kemampuan bertahan Bale, sesuatu yang harus kami pecahkan untuk meningkatkan kemampuannya itu," jelasnya.

"Tetapi dia sendiri justru dapat menyelesaikan masalah sederhana itu," lanjut George Burley. Pada akhirnya, Tottenham Hotspur menjadi klub yang beruntung bisa mengamankan tanda tangan Bale. Tottenham Hotspur berhasil memboyong Bale dengan banderol 5 juta poundsterling di musim panas 2017.

Lalu meningkatkannya menjadi 10 juta poundsterling sebagai biaya tambahan. Drama kembali berlanjut ketika Sir Alex Ferguson memutuskan pensiun. Justru, Bale memutuskan pindah klub ke Real Madrid pada bursa transfer musim panas 2013.

Bersama Real Madrid, Bale mampu mencapai titik terbaik dalam karir sepak bolanya. Gareth Bale tercatat telah mampu menorehkan 105 gol bersama Real Madrid di semua kompetisi. Pemain asal Wales tersebut juga telah membantu Los Blancos mendulang total 13 gelar, termasuk 4 Liga Champions.

Eks Spurs tersebut bahkan mampu mencetak tiga gol dalam dua final Liga Champions tepatnya saat melawan Atletico Madrid (2014) dan Liverpool (2018). Tiga golnya tersebut akhirnya membuat Real Madrid merengkuh gelar juara Liga Champions dalam laga tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *