AC Milan Menang Posisi tak Bergeser Tetap di Urutan Tujuh AC Milan vs AS Roma

Sempat kesulitan pada babak pertama,AC Milanmampu menjinakkan tamunya,AS Roma, berkat gol gol seusai turun minum. AC MilanmenjamuAS Romadi Stadion San Siro pada laga pekan ke 28Liga Italia, Minggu (28/6/2020). AC MilandanAS Romasempat kesulitan dalam membongkar pertahanan masing masing sehingga pertandingan berakhir 0 0 pada babak pertama.

AC Milanakhirnya mampu bangkit dan unggul pada babak kedua berkat dua gol yang masing masing dilesakkanAnte Rebic(menit ke 76) dan penaltiHakan Calhanoglu(89'). Kemenangan atas AS Roma tidak membuat posisi AC Milan berubah di klasemen sementara Liga Italia dengan duduk di urutan ketujuh lewat koleksi 42 poin. Adapun AS Roma bertengger di posisi kelima dengan 48 angka.

Sebelum pertandingan dimulai dilakukan mengheningkan cipta guna mengenang korban dari penyakit virus corona. Sementara itu, ada agenda penghormatan untuk mengenang legenda AC Milan, Pierino Prati, yang baru meninggal awal minggu ini dalam usia 73 tahun. Untuk mengenang kepergian Pierino Prati, AC Milan melalui kaptennya, Alessio Romagnoli, menaruh 47 mawar putih sebagai simbol dari angka tahun kelahiran Prati di bangku cadangan pemain.

Milan selaku tuan rumah memimpin penguasaan bola dengan 57 persen. Adapun AC Milan mampu melepaskan 13 tembakan dengan 6 mengarah tepat sasaran, sedangkan AS Roma meluncurkan 5shotsdengan 1 menuju ke gawang. Selepas peluit babak pertama dibunyikan, AC Milan langsung mencoba untuk mengambil inisiatif penyerangan.

Namun, dalam 10 menit pertama pertahanan AC Milan justru dikurung oleh AS Roma lewat serangan dari sisi sayap yang dimotori Justin Kluivert dan Henrikh Mkhitaryan. Gawang AC Milan mendapat ancaman pertama dari Lorenzo Pellegrini pada menit ke 14, tetapi tembakan kaki kanannya dari dalam kotak mampu diblok oleh Simon Kjaer yang menghasilkan sepak pojok. AC Milan belum mampu keluar dari tekanan tim tamu dan pada menit ke 19 gawang Gianluigi Donnarumma nyaris kebobolan jika saja sundulan Edin Dzeko menemui target.

Menyambut umpan silang Justin Kluivert, Edin Dzeko yang tidak terkawal mampu melepaskan sundulan, tetapi tandukannya menyamping di sisi kiri gawang Milan. Hingga pertandingan memasuki menit ke 30, belum ada satu pun tembakan dari AC Milan yang membahayakan dan mengarah tepat ke gawang AS Roma yang dikawal Antonio Mirante. Peluang bagi AC Milan untuk membuka skor hadir pada menit ke 39 melalui sundulan Hakan Calhanoglu menyambut umpan silang Theo Hernandez, tetapi tandukannya melebar di sisi kiri gawang Roma.

Hingga turun minum, skor kacamata menghiasi laga antara AC Milan dan AS Roma. Pada babak kedua, AC Milan mencoba untuk menemukan ritme permainan dengan mendominasi penguasaan bola. Minimnya peluang dan kreativitas baik dari AC Milan maupun AS Roma, membuat kedua tim saling berbalas serangan dari sisi sayap dalam 5 menit pertama babak kedua.

Peluang emas untuk unggul hadir bagi AC Milan pada menit ke 68 melalui sepakan keras kaki kanan Lucas Paqueta dari luar kotak penalti, tetapi kesigapan dari Mirante dapat menepis bola. Gol yang ditunggu tunggu Milan akhirnya hadir pada menit ke 76 melalui sontekan kaki kiri Ante Rebic dari jarak dekat. Sempat terjadi kemelut di depan gawang AS Roma yang bermula dari tendangan voli kaki kanan Franck Kessie dari dalam kotak penalti yang masih bisa diblok oleh Mirante.

Bola liar jatuh ke kaki Rebic dan sang penyerang langsung melepaskan sepakan kaki kanan. Tembakan Rebic sempat diblok Mirante lalu membentur tiang, tetapi bola kembali jatuh ke kakinya. Rebic pun menyambar bola dengan tendangan kencang kaki kiri. Milan unggul 1 0.

Lesakan ini menjadi gol kedelapan Rebic untuk Milan dari 17 penampilannya di Liga Italia musim 2019 2020. Selepas gol Rebic, Milan mulai rajin memberikan tekanan ke pertahanan AS Roma dari sisi kanan pertahanan tim tamu. Petaka bagi AS Roma hadir pada menit ke 89 ketika Theo Hernandez dijatuhkan oleh Chris Smalling di area terlarang ketika mencoba bekerja sama satu dua dengan Rafael Leao.

Hadiah penalti pun diberikan wasitPiero Giacomelli dan Calhanoglu yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya. Sepakan penalti kaki kanan Calhanoglu sempat terbaca oleh Mirante yang bergerak ke kanan, tetapi bola meluncur deras ke pojok kanan atas gawang sehingga gagal diantisipasi. Milan unggul 2 0. Pertandingan memasuki masainjury timedan wasit keempat memberi tambahan waktu lima menit.

Keunggulan 2 0AC MilanatasAS Romabertahan hingga pertandingan berakhir. 0AS Roma(Ante Rebic76',Hakan Calhanoglu89' pen) Susunan pemainAC MilandanAS Roma:

99 Gianluigi Donnarumma; 12 Andrea Conti, 24 Simon Kjaer, 13 Alessio Romagnoli, 19 Theo Hernandez; 79 Franck Kessie, 4 Ismael Bennacer; 7 Samu Castillejo (56 AlexisSaelemaekers 54'), 10 Hakan Calhanoglu, 5 Giacomo Bonaventura (39 Lucas Paqueta 54'); 18 Ante Rebic(17 Rafael Leao 77') Stefano Pioli 83 Antonio Mirante; 2 Davide Zappacosta, 6 Chris Smalling, 23 Gianluca Mancini, 37 Leonardo Spinazzola; 4 Bryan Cristante (27 JavierPastore 81'), 21 Jordan Veretout; 99 Justin Kluivert (31 CarlesPerez 58'), 7 Lorenzo Pellegrini (42 AmadouDiawara 81'), 77 Henrikh Mkhitaryan (8 Diego Perotti 69'); 9 Edin Dzeko (18 Nikola Kalinic 70')

Paulo Fonseca Piero Giacomelli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *